Wednesday 19 May 2010

Siapa bilang kuliah di Jerman harus pake bahasa Jerman ?

Universitas Teknik Braunschweig merupakan salah satu universitas teknik di Jerman. TU ini juga dikenal dengan nama TU Carolo Wilhemina.
Kuliah di TU ini memang bayar (kira2 700 - 800 euro perbulan) namun servicenya cukup memuakan. Misalnya:

1. Kalian dapat semester tiket - dengan semester tiket kita bisa jalan gratis (menggunakan kreta regular dan tidak termasuk bus dalam kota lain selain Braunschweig) untuk satu provinsi Niedersachsen.
2. Ada mensa - kantin dengan makanan-makanan berharga murah (1.5 euro dapet sosis kari plus kentang goreng).
3. Bisa pinjem buku di bibliotek (perpustakaan) tanpa ada batas jumlab buku peminjaman
4. Kadang-kadang suka ada bingkisan-bingkisan gratis di bagi-bagikan secara gratis di mensa waktu makan siang (hehehe - public secret).

Di TU ini juga ada satu departemen yang bahasa pengantarnya bahasa inggris misalnya CSE (hanya untuk master course), jurusan ini cukup menarik dan lebih ke arah simulasi. Saya pernah satu kali mengikuti kelas di departemen ini bagi saya kelas nya cukup menarik (gak tau kelas lain nya gimana sulit atau tidak :D). Semuanya di lakukan dalam bahasa inggris. Namun selama kuliah, kita juga mendapat kursus bahasa Jerman. Namun, di departemen ini, syarat agar kita untuk membuat master tesis adalah kita harus lulus ujian DSH (Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang ) or German Exam for College Admission.

hmm... kangen BS jadinya...

No comments:

Post a Comment